Jumat, 25 Juni 2010

Dari Negeri SAKURA Hingga AUSTRALIA

MENDENGAR nama Jepang, benak mungkin akan terbawa pada sebuah negara yg terdiri dari rangkaian pulau-pulau yg membentang dari utara ke selatan memiliki empat pulau utam yaitu Hokkaido, Honshu yg menjadi pulau utama, Shikoku dan Kyushu.
Dengan luas total kurang lebih 378.000 km persegi, jepang memiliki kota-kota yg masing-masing memiliki atraksi dan tempat-tempat wisata yg unik. Di antara kota-kota yg ada dinegri Sakura, Tokyo, Osaka, Nagoya, adalah tempat favorit para pelancong.
Di Tokyo misalnya, pengunjung dapat menikmati Tokyo Disney Resort dan berkeliling menikmati atraksi di sana dengan Disney Resort Line Monorail atau dengan Disney Resort Cruiser, shuttle bus yg akan mengantar anda ke titik manapun di tempat ini.
Dalam kota ini, pelancong juga dapat mengunjungi Imperial Palace. Bangunan yg dulunya merupakan Edo Castle ini masih dikelilingi oleh parit-parit asli yg dalam. Jembatan dan menara penjaga yg apik menjadi obyek yg menarik, demikian pula dgn pintu utama yg dapat dilalui dgn Nijubashi atau Double Gate yg akan dibuka untuk publik pada acara-acara khusus saja.
Sementara bagi mereka penggila belanja, bisa berkunjung ke beberapa pusat perbelanjaan seperti Shinjuku, Harajuku, dan Aoyama serta Akhibara yg menjadi pusat elektronik di Tokyo.

Akan halnya dgn Osaka yg terletak di mulut Sungai Yodo di Teluk Osaka. Kota yg menjadi tuan rumah World Expo pada 1970 ini memiliki keunikan yg patut utk disambangi. Salah satunya jemabatan yg banyak terdapat di kota tersebut. Tak tanggung-tanggung jumlahnya mencapai 808 dan masing-masing memiliki nama sendiri.

Semua jembatan tersebut terdapat di tengah kota yg sarat dgn galeri seni rupa, hotel-hotel berkelas internasional, hingga gedung-gedung dgn gaya arsitektur menarik.

Warganya sendiri tampak sibuk bergerak ke sana- kemari, bahkan sangking sibuknya tak jarang mereka makan siang atau santap malam sambil berjalan kaki atau berdiri di kios-kios makanan.

Namun Osaka tidak melulu diisi oleh kesibukan orang-orang yg berhuni di dalamnya yg sibuk mengurusi bisnis dan perdagangan, kebudayaan di kota tsb pun masih dijaga dgn baik.

Bagi para penggila kuliner, Osaka juga dikenal sbg kota yg penuh dgn makanan yg cocok di lidah banyak orang di seantero dunia.

Tempat yg tak kalah menarik di Jepang adalah Nagoya. Di sini terdapat objek wisata berupa Nagoya Castle, sebuah kastil yg terkenal dari zaman Edo. Kastil yg diperkirakan dibangun pada tahun 1612 ini terletak tak jauh dari pusat kota Nagoya. Kastil ini juga sempat terbakar dan nyaris menghabiskan keseluruhan bangunan pada saat perang dunia II tahun 1945, namun kemudian direnovasi pada tahun 1959 dan hingga kini menjadi ikon bagi kota Nagoya.

Masih ada banyak tempat lain yg dapat dikunjungi, namun potensi dan kekayaan yg ada di negara ini membuat siapapun yg berkunjung ke sana mendapat kesan yg takkan terlupakan.


AUSTRALIA
SALAH SATU negara yg menjadi destinasi wisata di dunia adalah Australia, sebuah negara yg juga merupakan satu benua. Beberapa kota yg kerap disasar di negara ini adalah Melboune, Perth, dan Sydney.
Melbourne
merupakan kota yg banyak dituju warga Indonesia untuk menuntut Ilmu dan dikenal sebagai tempat bertemunya berbagai kebudayaan. Di sini pula terdapat Captain’s Cook Cottage yg menjadi singgahan wajib bagi para pelancong. Rumah tsb merupakan rumah orang tua kapten Cook yg menemukan Benua Australia pada tahun 1770.
Rumah yg asli berdiri di Great Ayton, Yorkshire, Inggris, lalu pada tahun 1934 rumah tersebut dibongkar dan dibawa ke Melbourne.
Jika ingin melihat cikal-bakal Australia, bias mengunjungi di The Rocks, Sydney, yg merupakan permukiman tertua di kota ini. Pada tahun 1788, Kapten Arthur Phillip mendiaminya, dan dari titik inilah Sydney berkembang hingga kini menjadi tempat pertemuan antara masa lampau dan modern. Gedung-gedung bersejarah berdiri berdampingan dgn bangunan modern sehingga memberi sentuhan unik di tiap sudutnya.
Sementara di Sydney terdapat opera house yg menjadi ikon kota tsb. Dedsain arsitekturnya yg unik di dapat dari hasil sebuah kompetisi yg dimenangkan oleh Jorn Utzon dari Denmark, pada tahun 1955.
Tidak jauh dari gedung opera tsb, terdapat Sydneu Harbour Bridge yg merupakan jalur utama utk menyeberangi pelabuhan Sydney yg menghubungkan distrik bisnis sentral Sydney dgn wilayah utara Sydney. Sydney juga memiliki Greater Blue Mountain atau pegunungan biru yg pada tahun 2000 Unesco memutuskan bahwa tempat ini merupakan wilayah dgn keindahan alam yg luar biasa dan penting shingga layak dijadikan situs Warisan Dunia.
Nama Greater Blue Mountain tentu diambil dari warna biru yg memulas pegunungan tsb. Yg membuatnya demikian adalah hutan-hutan pegunungan yg didominasi oleh pohon-pohon ekaliptus. Partikel-partikel minyak yg mengambang membentuk embun halus yg oleh cahaya matahari menjadi kabut biru jika dipandang dari kejauhan. Jumlah spesies ekaliptusnyapun demikian beragam sehingga wajar kalau layak dimasukkan dalam tempat-tempat yg wajib dikunjungi. Berminat?[-O-]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar