Jumat, 21 Mei 2010

Memilih dan Merawat AC dengan Tepat

Tak dapat dipungkiri, akhir-akhir ini cuaca di kota-kota besar terasa sangat panas. Inilah mungkin yg disebut orang-orang akibat dari pemanasan global. Agar udara dalam ruangan tidak panas, banyak orang yg menyiasatinya dengan memasang AC.
Memilih AC yg tepat, sebaiknya disesuaikan dengan jenis AC dan kondisi ruangan. Oleh sebab itu dikenal dgn istilah AC split dan window. AC jenis split biasanya dipilih karena bagian ruang dalam dan ruang luar yg terpisah. Jadi, antara AC dgn mesinnya terletak terpisah.
Pemisahan antara ruang dalam dan ruang luar biasanya berdampak pada suara yg dihasilkan pada saat pendingin bekerja. hal ini membuat AC jenis split mengeluarkan suara yg lembut. Oleh sebab itu, AC semacam ini cocok di tempatkan di ruangan yg membutuhkan ketenangan seperti, kamar tidur, perpustakaan atau ruang kerja.
jenis AC yg lainnya adalah AC jenis window. AC semacam ini biasa digunakan bagi rumah-rumah yg tidak mungkin menempatkan mesin AC dibagian ruang luar karena sempitnya lahan

Memilih dan Merawat AC
Salah satu pertimbangan orang ketika memilih AC adalha dari segi daya listriknya.Selain itu, biasanya orangpun memilih AC yg memiliki kemampuan meyerap partikel-partikel kecil seperti, debu, asap rokok, dan bau tak sedap. Andapun dapat memilih AC yg sesuai dengan interior ruangan. Sebab, kini desain AC tidak hanya berwarna putih, tersedia juga warna-warni lain seperti, biru dan metalik.
Agar AC selalu dapat bekerja dengan maksimal, sebaiknya anda juga memperhatikan kondisi ruangan. Tutuplah jendela-jendela dan pintu ketika AC sedang digunakan. Hal ini untuk mencegah debu, atau udara panas masuk ke dalam rumah.
Salah satu masalah pada AC adalah ketika AC sudah tidak terasa dingin lagi. Biasanya banyak orang yang langsung memanggil teknisi, lalu mengganti freonnya. Padahal, anda dapat mengantisipasinya dengan cara merawat AC secara berkala.
Merawat AC bukanlah hal yg sulit. Anda cukup membersihkan bagian filter udara. Bagian lain yg perlu dibersihkan adalah pada bagian evaporator. Jika bagian ini kotor, pendingin akan bekerja ekstra keras. Hasilnya, AC menjadi boros listrik dan udara yg dikeluarkan menjadi tidak dingin lagi.[-O-]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar