Rabu, 12 Mei 2010

250 Orang Menjadi Pembawa Pesan Perubahan Lingkungan

Sekitar 250 orang telah resmi menjadi pembawa pesan tentang perubahan iklim. Mereka akan berkiprah sebagai pembawa pesan untuk membangkitkan warga agar sadar terhadap penyebab, dampak, dan solusi mengatasi perubahan iklim.
Sekitar 250 orang telah mendapat pelatihan dari kelompok presenter perubahan iklim The Climate Project Indonesia (TCPI) melalui program Grand Connectors Training di Jakarta, Sabtu (24/4). Mereka para calon penghubung, pembawa pesan ini, terpilih dari sekitar 1.500 peminat dari seluruh Indonesia. Selain dari sejumlah kota di Jawa, peserta juga ada yg datang antara lain dari Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan dan Bali.
Latar belakang peserta juga sangat beragam, antara lain pejabat negara, dosen, peneliti, guru, Puteri Indonesia, petani, pegiat LSM, pelajar, aktivis, profesional, pemuka berbagai agama dan ibu rumah tangga. “Latar belakang” peserta sangat bagus dan penting karena informasi tentang perubahan iklim perlu dipahami oleh semua orang dari seluruh lapisan masyarakat,” kata Amanda Katili Niode, Ketua The Climate Project Indonesia.
Saat ini ada 54 warga Indonesia yg telah dilatih langsung oleh Al Gore dan menyandang status presenter. "Kami perlu sebanyak-banyaknya orang untuk menyebarkan virus pengetahuan akan penyebab, dampak, dan solusi tentang iklim," ujarnya. "Kami mengajak sekolah dan lembaga lain agar dapat bekerja sama dengan presenter dan coneccter untuk melaksanakan berbagai kegiatan," ujar Amanda.
Mereka amat antusias dan memiliki komitmen tinggi walau materi ada yg terlalu berat bagi peserta tertentu, terutama tentang negosiasi global,” ujar Yani Saloh, salah satu presenter dari TCPI. Pemghargaan diungkapkan Amanda, “Kami amat menghargai para connector yg mau ikut pelatihan dan berkomitmen untuk menyebarkan informasi dan berkegiatan.”
Peserta termuda , Fira Meutia (11 tahun) dari SD Nurul Hidayah, Reni Jaya, Depok, mengatakan, “saya ingin tahu lebih banyak tentang pemanasan global. Sebelumnya, tahu sedikit dari majalah, internet, dan buku. Saya mau kasih tahu teman-teman dan juga ingin menulis artikel untuk Koran.”
Arifah Handayani, seorang Sarjana Ilmu Kelautan, yg menyebut dirinya “a full time mom, mengungkapkan, “sebagai ibu rumah tangga dengan empat anak, saya merasa keluarga adalah kunci untuk mengurangi karbon. Saya akan memulai penanggulangan krisis penaggulangan iklim dari keluarga saya.” [-O-]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar