Minggu, 16 Mei 2010

Lezat Dengan Cita Rasa Khas

Bagi penikmat ayam bakar pasti mengenal ayam bakar Soponyono. Tak terkecuali dengan masyarakat Ogan Komering Ulu (OKU). Di kabupaten ini, santapan ayam bakar nan lezat tersebut bisa dinikmati di Rumah Makan Soponyono Jalan A Yani nomor330 Baturaja.

Sejak berdiri tahun 1993 lalu, rumah makan ini selalu ramai di kunjungi. Mulai pukul 07.00 hingga 21.00, ratusan pengunjung bergantian datang, apalagi letaknya begitu strategis.

Jadi tak mengherankan, jika pengunjung tidak hanya datang dari Kota Baturaja, OKU akan tetapi ada juga dari Martapura, Belitang hingga Muaradua.

Setiap pengunjung disuguhkan menu berupa ayam bakar ditambah hidangan pelengkap lainnya, yakni sayur asem, lalapan, dan ikan bawal bakar.

Hal yg paling membedakan dengan rumah makan lainnya, cita rasa menu utamanya, karena ayam bakar yg disajikan memang benar-benar pilihan yaitu yg segar dan baru dipotong.

Ayam yg disajikan kata H Jayadi, pengelola Ayam Bakar Soponyono ada dua jenis yaitu negri dan kampung. Namun, para pengunjung lebih suka ayam kampung. Nasi yg disuguhkan memang sangat pulen.

Untuk melengkapi sajian menu utama dihidangkan berbagai lalapan dan sayur asem, serta bila ada pesanan ikan bawal panggang siap menemani menu utama tadi.

Di sini ayam bakar dan sayur asem, menjadi menu kesukaan pengunjung. Menurut Jayadi, hal yg membuat citarasa ayam bakar yg disajikan berbeda adalah dari bumbunya. Cabe, laos, kemiri, asam jawa, bawang merah, dan putih diracik hingga menyatu menjadi bumbu yg meresap ke masakan.

Mengenai harga, untuk satu porsi ayam bakar dipatok dengan harga Rp.9 ribu. Harga ini dinilai masih terjangkau untuk seluruh kalangan masyarakat.[-O-]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar