Sabtu, 10 Juli 2010

Angin Kencang

HUJAN deras dibarengi tiupan angin kencang melanda Jakarta dan sekitarnya akhir-akhir ini. BMG menyebut badai semacam ini sebagai gejala alam biasa yg hampir selalu menandai pergantian dari musim penghujan menjelang musim panas.

Diperkirakan masa transisi cuaca seperti ini akan berlangsung antara dua sampai tiga minggu.. Gejala alam seperti ini sebenarnya juga tak hanya terjadi di jakarta, namun melanda wilayah-wilayah lain.

Di Jakarta, menjamurnya papan reklame, minimnya perawatan pohon-pohon tua, mengharuskan kita semua melakukan antisipasi terhadap kemungkinan benca. Berdirinya puluhan gedung bertingkat yg seolah berebut lahan di kawasan Thamrin, Sudirman, dan Kuningan, misalnya, telah terbukti meningkatkan kecepatan angin di tempat itu. Terlebih lg disaat pergantian musim seperti sekarsng. Karenanya, harus diwaspadai kemungkinan robohnya papan reklame yg sebagian besar berukuran ekstra besar.

Pengecekan konstruksi tak cuma dilakukan ketika pengelola mengajukan izin pemasangan. Sebaiknya secara periodik juga dilakukan pengawasan dan pemeliharaan konstruksi, baik oleh perusahaan pengelola maupun pemerintah DKI Jakarta.

Perawatan yg baik juga perlu dilakukan terhadap pohon -pohon besar yg selama ini telah "berjasa" berfungsi sebagai bagian dari paru-pari ibukota. Perda utk mengatur hal itu sdh ada, dana juga sdh dianggarkan. Yang dibutuhkan sesungguhnya lebih pd soal konsistensi pelaksanaan tugas, termasuk merespons informasi atau keluhan yg disampaikan masyarakat.[-O-]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar