Selasa, 29 Maret 2011

Taiwan Dalam Dekapan

Namanya boleh jadi belum terlalu mengaung utk dijadikan destinasi utama ketika berlibur. Padahal, Taiwan punya beragam keunikan yg menarik utk ditelusuri dan menyimpan “kejutan” tersendiri.
Bagi sebagian masyarakat Indonesia sendiri, Taiwan jadi makin dikenal setelah booming drama seri “Meteor Garden” beberapa tahun lalu. Apa lagi kalau bukan gara-gara kelompok penyanyi F4 yg bermain di dalam drama seri tsb. Lewat ceritanya yg lucu plus menguras air mata, drama seri ini sukses menghipnotis sebagian masyarakat Indonesia.

Namun sebenarnya Taiwan punya lebih dari itu. Contoh mudahnya, bukan tanpa alas an jika bangsa Portugis dulu menjulukinya “Ilha Formosa” yg berarti pulau cantik, ketika datang pertama kali di awal abad 17. Taiwan memang diberkahi kekayaan alam yg cantik dgn daerah pegunungan yg selalu berhasil memikat hati orang banyak, nilai histori yg tinggi, dan budaya yg tak kalah seru utk ditelusuri.

Berniat menjelajah Taiwan?

Telusur malam

Taiwan memang kini berubah menjadi kota metropolis yg cantik. Taipe, ibukotanya, pun begitu menarik untuk ditelusuri dan biasanya dari sinilah perjalanan menelusuri Taiwan dimulai.

Kalau mau melihat sudut Taipe yg lain, cobalah telusuri di kala malam. Kota ini terlihat begitu hidup dan cantik ketika matahari tenggelam. Sudut-sudut kota seolah bermandi cahaya berkat permainan lampu yg ada. Namun, kunjungan yg utama kalau sdh di Taipe tentu saja menuju Taipe 101. Gedung dgn tinggi sekitar 508 ini meter kini menjadi ikon Taipe yg mengundang rasa penasaran banyak orang.

Di sinilah tempat utk berbelanja barang-barang bermerek Internasional dan utk mendapatkan pengalaman bersantap yg berbeda. Dari ketinggian gedung ini pula, kota Taipe secara keseluruhan dpt dapat dinikmati dgn bumbu adrenalin. Yaitu menuju lantai 86 utk pengamatan dari dalam ruang melihat pemandangan kota Taipe dari ketinggian atau langsung ke lantai 91 utkpengamatan dari luar (outdoor observatory) yg lebih mendebarkan. Pengalaman unik pun sdh terasa sejak menggunakan lift menuju lantai yg dimaksud. Bayangkan, dari lantai 5 menuju lantai 86 hanya butuh waktu kurang dari 40 detik, berkat kecepatan yg mencapai 60 km/jam.

Di sini juga biasa diadakan perayaan malam tahun baru dgn kembang api ygspektakuler dan berpesta bersama masyarakat lokal.


Xi Men Ding

Kalau mau mengetahui gambaran singkat akan kehidupan anak muda Taiwan, Xi Men Ding bisa menjadi sasaran. Ibarat area Harajuku di Jepang, Xi Men Ding memang begitu hidup dgn beragam kegiatan seperti street performance, pertunjukan musik luar ruang, utk pengenalan album baru, serta menjadi tempat bagi mereka yg punya kesadaran tinggi akan dunia fesyen.

Area ini dijejali berbagai toko yg menjajakan fesyen terkini,buku, gadget. aksesori, hingga menjadi surga bagi para film mania dan musik mania dgn beragam koleksi apik.


Budaya

Siapa yg menyangka bahwa justru di Taiwan lah kita bisa melihat keagungan budaya cina terlengkap? Tepatnya di National Palace Museum, yg punya koleksi lebih dari 700.000 lukisan, batu berharga, buku, kaligrafi, dan keramik dari dinasti Sung, Yuan Ming, dan Qing. Museum ini juga mengadakan pameran yg koleksinya digilir tiap tiga bulan sekali dgn sekitar 60.000 artefak yg dipamerkan setiap tahunnya. dengan kata lain, butuh waktu lebih dari 12 tahun utkbenar-benar melihat setiap koleksinya.


Kaohsiung.

Inilah kota terbesr di Taiwan, setelah Taipei, yg merupakan kota pelabuhan. Ada beberapa obyek warna yg selalu didatangi jika sdh ke area selatan Taiwan ini, salah satunya adalah menuju Love River.

Dinamakan demikian karena memang sungai ini punya kisah cinta klasik yg menjadi mitos. Sungai ini terlihat begitu cantik di malam hari dgn permainan lampu yg menciptakan atmosfer romantis. Sekitar tepi sungai ada banyak kafe dan toko, sehingga alangkah baiknya jika menyempatkan waktu bertandang ke sini.[-O-]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar