Minggu, 23 Januari 2011

Pizza Italia yang Selalu Menggugah Selera

Saat menonton film kegemaran bersama keluarga atau kerabat, tentu akan terasa lebih asyik jika ditemani makanan yg lezat, praktis sekaligus dapat mengenyangkan perut. Dari sekian banyak pilihan makanan, pizza adalah salah satu yg paling digemari.

Walaupun sama-sama terdiri dari adonan roti yg berbentuk bundar dgn berbagai topping di atasnya, ternyata makanan asal Italia ini telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga rasa pizza yg asli dgn sendirinya akan telah bergeser.

Selain mengalami pergeseran rasa, pizza yg aslipun sebenaranya secara tradisional dibakar di atas plat batu atau besi dgn kayu sejenis kayu akasia. Sampai saat ini, para wanita di Italia, negri dimana pizza berasal, masih menggunakan kayu untuk membuat pizza. Sementara di sini, dgn alasan praktis, pizza yg anda temui dibakar dalam oven. Cara memasak yg berbeda inilah akhirnya yg membuat tekstur pizza yg anda temui berbeda dari aslinya.


Mengenal Pizza Lebih Dekat
Ada banyak versi tentang sejarah asal mulanya pizza. Beberapa pendapat mengatkan bahwa pizza terbuat dari adonan roti Matzo yg dibawa ke Roma oleh pasukan Italia. Sementara pendapat lain mengatakan bahwa pizza merupakan evolusi dari si legendaris Focacia yg disajikan di Roma sekitar 1.000 tahun yg lalu sbg camilan. Selain itu, ada juga pendapat yg mengatakan bahwa pizza di bawa ke Italia oleh orang Yunani pd abad pertama.

Dari sekian banyak versi, yg paling populer adalha pizza yg dibikin oleh petani di daerah Naples, Italia. Pd awalnya pizza dibuat dari adonan roti yg rata dgn taburan minyak zaitun, irisan tomat, dan keju mozzarella. Perkembangan zaman serta tuntutan masyarakat akan rasa, yg membuat topping pizza kian beragam.

Jika anda ingin merasakan pizza dgn citarasa Italia khususnya bagian utara dan Venesia, Restoran Porta Venezia yg berada di The Aryaduta Suites Hotel Semanggi, Jakarta menyajikan Quatro Formaggio sebagai salah satu pizza terlezat. Jangan lupa juga utk mencicipi Filleto di Manzo Al Gorgonzola yg disajikan dgn gorgonzola crean cheese dan fillet daging sapi yg dipanggang. Dijamin tak akan kecewa.[-O-]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar