Kamis, 06 Januari 2011

Pisau Dapurpun Perlu Dirawat

Bagi yg senang memasak, tentu tahu betapa nyamannya menggunakan pisau dapur yg tajam. Berbagai keperluan memotong bisa dilakukan dgn lebih cepat dan pekerjaan menjadi lebih efisien. Seiring dgn berjalannya waktu, pisau pun akan tumpul, namun hal ini juga tergantung dari cara perlakuannya.
SEBAGAI alat utama utk mempersiapkan masakan di dapur, perlakuan dan perawatan yg tepat pada pisau dapat membuatnya lebih tahan lama. Ada beberapa hal yg bisa dilakukan, antara lain :
1. Bersihkan pisau setelah selesai digunakan dgn menggunakan sabun dan air hangat utk mengangkat setiap kotoran yg tersisa dan menempel dgn maksimal. Setelah itu keringkan pisau agar tidak mudah berkarat.
2. Asahlah pisau secara berkala dgn tetap mengikuti sudut lekukannya. Cara tradisional terbukti jitu, yaitu dgn menggosokkannya berulang-ulang kali pd batu atau cobek batu hingga ujungnya tajam kembali. Asah pisau searah dgn dinding pisau sehingga sudut ketajamannya landai. Semakin landai sudutnya, maka semakin tajam pula pisau tersebut.
3. Dewasa ini pisau memiliki beragam varian dgn desain yg berbeda-beda utk kebutuhan memotong yg juga beragam. Gunakanlah pisau sesuai dgn karakteristiknya agar usia pemakaiannya bisa tetap lama. Sebagai contoh, pisau utk mengiris daging yg tipis akan akan lebih cepat rusak kondisinya jika digunakan utk memotong bagian-bagian daging yg keras atau untuk memotong tulang. Menggunakan pisau sesuai dgn fungsinya juga utk menjaga baut-baut pd pisau agar tetap dalam kondisi sempurna yg berpengaruh pada kenyamanan anda saat menggunakannya.
4. Simpanlah pisau di dalam laci dgn menggunakan sarung pisau khusus. Jika tidak ada sarung, bisa menggunakan kertas yg keras dan cukup kaku utk membungkusnya. Hal ini utk menghindari adanya benturan dgn benda-benda lain yg juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan. Disamping itu, sebaiknya tdk menyimpannya di dalam kotak kayu, mengingat kayu dapat menyerap air. Hal tsb akan menyebabkan terjadinya udara yg lembab dan lama kelamaan dapat merusak kondisi pisau.[-O-]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar