Senin, 06 Desember 2010

Koki Kampung, Teh Nasgitel, dan Es Durian

Menjual suasana demi menggaet pelanggan dilakukan dgn banyak cara. Salah satunya, mendatangkan koki asli orang Solo dan yg telah berpengalaman memasak makanan tradisional kota budaya itu.
Di warung Solo, selain makanan berat, cemilan khas Solo tak lupa disediakan. Sosis Solo yg ngangeni itu disebutkan di daftar menu cemilan teratas. Makanan ringan mirip risolis dgn kulit empuk berbumbu berisi daging cincang cocok dinikmati dgn cabai rawit segar. Cemilan lainnya, ketan juruh, yaitu ketan putih ditaburi gula jawa cair, parutan kelapa dan bubuk kedelai. Kemudian ada carang gesing, irisan pisang manis dimasak dgn santan dan dibungkus daun pisang.
Serabi Solo juga ada di sini. Kalau berminat, harus sedikit sabar menunggu karena karena Serabi di warung solo dimasak sat ada pesanan saja. Serabi Solo dgn rasa cokelat, pisang, dan polos di santap panas-panas makin enak ditemani teh nasgitel.
"Di sini tehnya asli racikan Solo. Teh tubruk di buat dari campuran teh diseduh dalam air mendidih kemudian diungkep dulu agar teh benar-benar jadi. Rasanya unik. Orang Solo biasa menyebutnya teh panas, legi (manis), dan kenthel (kental) atau nasgitel," kata pengelola Waroeng Solo, Usnul Chotimah.
Usnul tak lupa mengatakan, Waroeng Solo sdh berdiri sejak tahun 2007. Selain pemilik orang Solo, warung ini ada demi memberi alternatif dan tombo (obat) kangen bagi warga Solo maupun Jawa yg merantau ke Jakarta. Di „Joglo at kemang“, selain Waroeng Solo, ada dua joglo lain yg khusus menjual bakmi jawa dan masakan padang. Sebelum hadir di kemang, warung sejenis bernama Resto Solo lebih dulu hadir di Jalan Padjajaran indah, kota Bogor.
Di Eat and Eat Mall kelapa Gading 5, pengunjung bisa mencicipi aneka es tradisional yg sdh mulai sulit ditemukan. Ada es doger, es podeng, es potong Singapura, es pisang ijo, es cincau ijo, dan juga es duran monthong.

Harga es durian monthong Rp.15.000, jauh dari harga es durian abang-abang pnggir jalan. Tetapi, rasa yg diberikan tentu juga jauh. Es terasa lembut dgn daging durian yg melimpah. Es dan durian meleleh langsung di lidah saat di sendokkan ke dalam mulut. Dgn kualitas rasa yg baik, interior yg menarik, dan pelayanan yg prima, harga tidak lagi menjadi masalah.[-O-]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar