Sabtu, 14 Agustus 2010

Kebakaran Usai, Longsor Mengintai

Kebakaran yg menghanguskan Taman Hutan Raya Raden Soerjo di lerng Gunung Wilerang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, beberapa pekan terakhir mulai padam, Senin (9/11). Penyebabnya, hujan deras mengguyur kawasan itu, Minggu sore.
Hari Senin sebagian besar kawasan lereng Gunung Welirang tertutup kabut tebal. Awan hitam menggelayut pertanda hujan akan turun.
Camat Pacet Ardi Sepdianto menyatakan, setelah kebakaran reda, warga mengkhawatirkan terjadi bencana longsor.
Kekhawatiran itu karena dibekas hutan yg terbakar ada banyak sekali batang kayu yg mungkin akan meluncur bebas jika ada gelontoran air hujan. Menurut Ardi, warga khawatir bakal terjadi longsor yg lebih besar dari peristiwa pd pertengahan Desember 2002.
Pada waktu itu, tdk kurang 31 wisatawan dilaporkan tewas dari 14 orang lain yg hilang setelah longsor menerjang kawasan wisata air panasdi Desa Padusan. "Kebakaran hutan tahun ini lebih besar dibandingkan kebakaran hutan tahun 2002," kata Ardi.

Gunung Arjuno
Sementara itu, kebakaran hutan di lereng selatan Gunung Arjuno, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, belum benar-benar padam. Meski tampak padam karena hujan, tdk berapa lama titik api dilaporkan muncul kembali dan makin luas.
Hari Sabtu lalu, api masih berjarak sekitar 3 km dari permukiman terdekat. Namun, kini, api tinggal 1 km dari perkampungan terdekat, yaitu Dusun Sumbul, Desa Klampok, Kecamatan Singosari.
Menurut Kepala Subbagian Sandi dan Telekomunikasi Pemerintah Kabupaten Malang Subagyo Setyono, tdk ada kekhawatiran api akan merembet ke permukiman karena ada ladang di antara hutan yg terbakar dgn permukiman.
Subagyo menyatakan, Pemkab Malang bersama sejumlah pihak yg berkaitan dgn pelestarian hutan lereng Arjuno hanya mengandalkan metode pencegahan agar api tdk meluas. "Tidak ada upaya lain utk memadamkan karena keterbatasan teknologi dan biaya," katanya.
Warga yg disebut "pasukan cinta tanah air" itu naik lereng gunung. Dengan sabit dan parang, mereka memotong semak-semak agar api tidak merembet..[-O-]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar